Pengalaman Seru Olimpiade dan Lomba Lainnya

Jumat, 17 Juni 2016
04:03 WIT

Heyoooo! Was geht ab? (Was geht ab itu bahasa Jerman dari what's up) Hiyaaakkk, saya masukin dikit bahasa Jerman wkwk gak apa-apa lah ya :D Btw saya upload blognya pas sahur-sahur gini, biasalah nikmatin paket midnight. Sayang paketnya banyak banget tapi gak kepake. Haha, duh ketahuan banget ini.

Hmm, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman ketika saya mengikuti olimpiade dan segala macam lomba lainnya. Nanti juga akan ada tips bagaimana cara menghadapi OSN supaya lebih siap aja.

Oh ya, sebelum merembet ke penjelasan yang akan agak panjang×lebar nanti, let me introduce MY TEAM! Yes, ini sudah pasti banget kan kalo ikut lomba-lomba pasti kamu punya tim yang bekerja sama bareng kamu. Nih, saya punya tim yang beranggotakan 3 orang, yaitu saya sendiri (Resky), Wulandari dan Edwin. Duhhh, pokoknya kita ini #TeamGoals banget dehh, HA HA HA. Itu menurutku sih, karena emang kita keliatannya keren gitu wkwkwk. Aha, gak deng bercanda, kita biasa aja kok. Tapi bisa dibilang keren kok (Ini apa sih😂).

Udah saya perkenalkan nih nama-nama anggota tim saya. Tapi, nanti akan saya jelasin lagi mereka yang berbakat ini. Pertama-tama saya ingin membagi dulu pengalaman saya ikut olimpiade.

Jadi, ceritanya gini...
Waktu itu saya masih kelas 7 dan optimis banget buat ikutan lomba-lomba dan membawa nama sekolah. Kayaknya keren aja gitu kalau kita bekerja dengan usaha kita membawa nama sekolah. Terus diadakan seleksi olimpiade tingkat sekolah, beuhh saingannya banyak banget. Awalnya saya ingin ikut olimpiade sains karena dari dulu memang saya sangat amat tertarik dengan ilmu tersebut. Pokoknya IPA dan Matematika jadi favorit saya deh. Tapi entah kenapa waktu itu tiba-tiba saya malah ikut olimpiade IPS. Ohhh, saya inget!!! Waktu itu saya mikirnya kalau ikut olimpiade IPA pasti banyak saingannya, dan si Wulan juga masuk situ (Wkwk, saya udah pesimis dari awal, gak boleh dicontoh ya :D). Jadi, saya nyari aman saja dengan masuk olimpiade IPS.

Udah deh, setelah melewati beberapa tahapan seleksi di sekolah akhirnya saya terpilih jadi peserta lomba resmi yang akan mewakili sekolah saya. Nah, berhubung saat itu saya masih kelas 7, ada juga tuh kakak-kakak kelas yang pastinya lebih pinter dan lebih memiliki peluang untuk menang yang sangat besar. Habis itu, kami yang udah kepilih diikutkan bimbingan belajar di sekolah. Semacam jam tambahan belajar gitu. Kita yang biasanya pulang jam setengah 1 jadinya pulang jam setengah 3. Dan jujur saja itu sangat melelahkan karena kami mengikuti bimbingan belajar ini dari hari Senin-Kamis. Belum lagi ada tugas sekolah lainnya yang mesti diselesaikan pas pulang sekolah. Ah iya, Wulan waktu itu ikut olimpiade IPA dan Edwin mengikuti olimpiade Matematika.

Berhari-hari kami mempersiapkan olimpiade dan tiba saatnya kami mengikuti olimpiade. Saat itu sih saya optimis banget bakalan menang, gak tau kenapa bisa se-optimis itu padahal bisa dibayangin saingan bertebaran di mana-mana dari sekolah lain juga ada. Pas lagi kerjain soal sih saya tenang-tenang aja. Memang sih ada beberapa soal yang agak sulit, tapi tetep saya isi berdasarkan feeling. Iya, serius. Terkadang kata hati itu ada benernya juga, jadi gak ada salahnya pas kamu nemu soal yang sulit terus gak tau jawabannya, ikutin aja feeling kamu hehe. Eh, waktu itu kalo gak salah terdapat 100 butir soal untuk olimpiade IPS.

Yeah, setelah itu saya nunggu hasilnya selama berminggu-minggu. Dan ternyataaaaaaaa.... saya gak masuk peringkat kabupaten. Waktu itu kakak kelas saya yang masuk peringkat 3 Kabupaten dan berlanjut untuk mengikuti olimpiade tingkat Provinsi. Kalo ditanya apa yang saya rasain waktu itu, yang jelas bener-bener kecewa dan langsung down gitu. Soalnya dari awal saya udah optimis banget buat menang dan kenyataannya saya emang gak menang :D Sakit hati sih waktu itu. Tapi saya cepet-cepet intropeksi diri saya, kalau mungkin di luar sana masih ada banyak banget orang yang lebih baik dari saya. Ditambah lagi waktu itu saya nemu quotes di twitter "Kegagalan adalah gerbang utama menuju kesuksesan". Sejak membaca quotes itu lah saya langsung semangat lagi dan saya yakin kalau nantinya saya bisa meraih yang lebih dari ini. Saya juga termasuk beruntung loh karena telah mengalahkan berpuluh-puluh saingan yang ingin ikut olimpiade mewakili sekolah juga. Hm, waktu itu si Wulan menang juara 2 tuh kalo gak salah, wahh bangga banget lah dia waktu itu karena bisa lanjut ke tingkat provinsi. Tapi Wulan hanya bisa sampai ke tingkat provinsi. Kalau Edwin, waktu itu gak masuk juga, sama kayak saya. Waktu itu sih kakak kelas saya yang lanjut olimpiade Matematika ke tingkat provinsi.

Ehhh, semua itu gak berakhir sampai di situ saja. Kami kan masih naik ke kelas 8. Tentunya kami masih bisa dong ikut olimpiade lagi. Cuman waktu itu saya gak se-optimis seperti di kelas 7 karena takut kecewa lagi.

Nah, kebetulan waktu itu sekolah mengadakan acara ultah gitu dan banyak banget lomba-lomba, termasuk lomba olimpiade tingkat sekolah. Saya coba lagi tuh olimpiade IPS tingkat sekolah, begitupun dengan Wulan dan Edwin. Saya bener-bener belajar keras waktu itu. Pas ikut, ternyata saya dapat juara 1 tingkat sekolah, sumpah saya gak nyangka banget. Terus Edwin sama Wulan juga meraih juara 1 di masing-masing bidangnya. Kami pun dipanggil ke depan lapangan untuk diberi selamat dan piagam oleh Kepala Sekolah. Nah, waktu itu ceritanya habis upacara hari senin gitu jadinya seluruh pasang mata melihat ke arah kami, ahsekkkk banget nih jadi pusat perhatian. HA HA HA ngakak lebar.

Terus yang masuk 3 besar dalam lomba kemarin ditunjuk untuk mewakili sekolah dalam osn waktu itu. Dari sini lah perjuangan kami bertiga dimulai. Setelah dipilih sekolah, kami diikutkan bimbingan belajar lagi. Tapi kali ini lebih melelahkan. Bayangkan saja kami belajar seperti biasa di sekolah sampai jam setengah satu, lalu istirahat setengah jam untuk lanjut bimbingan belajar sampai setengah 3. Setelah itu lanjut lagi les matematika di sekolah sampai jam 5. Benar-benar melelahkan. Belum lagi saat itu olimpiadenya memiliki jadwal yang dekat banget dengan UTS. Di situ kami diuji untuk pinter-pinter ngatur waktu belajar antara persiapan UTS dan persiapan olimpiade.

Persiapan sudah sangat matang. Tibalah waktu kita olimpiade. Kami berjuang sama-sama di bidang masing-masing waktu itu. Dan berita gembira pun hadir. Hampir berminggu-minggu setelah olimpiade, pengumuman diumumkan. And guess what? Saya, Edwin dan Wulan sama-sama meraih juara 1 di bidang masing-masing. What a feeling! Saya gak bisa ngomong apa-apa waktu itu selain bersyukur kepada Allah karena sudah memberi saya kesempatan. Kebahagiaan saya waktu itu gak terhitung. Dan, saya mau ngucapin terima kasih untuk guru-guru yang telah membimbing kami sehingga kami dapat meraih juara.

Of course kami bertiga membawa nama sekolah. Di situlah, cita-cita saya dulu tercapai. Dan saat-saat itulah saya percaya kekuatan doa dan kerja keras. Tak lupa juga kita harus belajar dari kegagalan di masa lalu yang dapat mengantarkan kita menuju kesuksesan :D Asikkkk, saya jadi bijak gini.

Setelah menang di tingkat kabupaten, kami lanjut ke tingkat provinsi. Sayangnya, saya dan Edwin gak lolos ke tingkat Nasional. Dan Wulan lagi-lagi patut berbangga hati karena bisa lolos ke Nasional mewakili provinsi Papua. Saya gak bisa bayangin betapa senang dan bangganya orang tua Wulan karena bisa menjadi wakil Provinsi Papua ke tingkat Nasional. Sayangnya, Wulan gak menang di tingkat Nasional. Tapi menurutku lolos ke tingkat Nasional saja sudah sangat bangga sekali apalagi menang di tingkat Nasional. Terus pas Wulan udah pulang dari Palu (tempat OSN diadakan), dia sempat cerita-cerita tentang pengalamannya di sana. Kata Wulan lagi nih, dia bilang yang meraih juara 1 tingkat Nasional akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah untuk melanjutin sekolah di luar negeri. Hal inilah yang memacu saya untuk melakukan lebih dan lebih lagi. Mudah-mudahan di SMA saya bisa ikut olimpiade lagi, tapi di bidang IPA. Karena sebenernya saya gak ada bakat apa pun di IPS :D Emang aneh sih.

Momen-momen olimpiade yang bener-bener saya rindukan. Walaupun sangat melelahkan, tapi di situlah kita tahu arti kerja keras yang sesungguhnya. Apalagi waktu itu ketika kami ke tempat olimpiade, kami makan bareng guru yang membimbing kami, sekaligus jalan-jalan gitu karena tempat diadakan osn provinsinya jauh dari sekolah kami. Pokoknya seru bangetlah masa-masa olimpiade waktu itu. Saya jadi lebih tau kepribadian Wulan dan Edwin dan kekeluargaan sangat terasa waktu itu.

Setelah kami memenangkan olimpiade tingkat kabupaten tersebut (ahsekkk banget), kami bertiga jadi keseringan ditunjuk kepala sekolah dan guru-guru untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba. Kayak lomba cerdas cermat gitu. We're on top banget! Aduh, jadi rindu masa-masa kejayaan waktu itu wkwkwk.

Udah sering kami ikutan cerdas cermat dan dapet juara 1. Berasa #SquadGoals and #TeamGoals banget lah, Ha Ha Ha. Pengalaman ikut cerdas cermat sih awal-awalnya deg-degan tapi nanti jadi biasa kok :) Terus saya inget lagi waktu itu pas cerdas cermat dalam rangka ultah kabupaten, waktu itu lagi istirahat makan siang. Kami bertiga istirahat makan siang bareng. Habis makan siang, kita main bareng. Belum lagi si Wulan dan Edwin yang suka adu mulut, haha. Saya juga inget, Wulan yang makannya banyak banget, hihi #PeaceWulan. Pokoknya pengalaman ikut lomba bareng #MyTeam seru lah gak bisa terbayar dengan apa pun.

Itu sih pengalaman saya selama ini. Sebenernya masih banyak, tapi gak bisa dijelasin lagi pake kata-kata keseruannya. Bagi kalian yang ikut lomba-lomba pasti ngerasain nih keseruannya.

Oke, setelah ini saya bakalan kasih tips mengikuti olimpiade agar berjalan lancar, mulus, dan mudah-mudahan menang.

1. Belajar dari jauh-jauh hari. Nah, yang ini penting banget. Saya saranin, jangan pernah mengandalkan the power of kepepet atau sistem kebut semalam (sks). Karena menurutku hal ini nggak membantu. Misalkan kamu sudah tau kapan bakalan diadain seleksi olimpiade, kamu bisa tuh belajar dari jauh-jauh hari. Yakin deh, ini sangat bagus banget untuk meningkatkan hafalan kamu (bagi yang ikut olimpiade IPS). Oh ya, kalau yang ikut osn matematika, kuncinya yaitu sering-sering latihan soal. Kalau yang ikut osn IPA, biasanya mesti belajar dari jauh-jauh hari juga karena ada biologi yang mesti dihafal. Terus untuk fisikanya, yang penting kamu sering latihan soal dan hafal rumusnya. Karena terkadang kalau jawaban kamu udah bener, tapi satuannya salah ya tetep disalahin. Jadi harus hati-hati ya :) Jangan lupa juga tiap hari mesti buka buku, walaupun hanya baca satu atau dua kalimat daripada nggak sama sekali.

2. Tanamkan kepercayaan pada diri sendiri. Ini penting. Karena kalau kamu sendiri gak percaya sama diri kamu, bagaimana bisa menang? Tanamkan kepercayaan tersebut and do your best. Masalah menang atau kalah itu urusan belakang. Yang penting do your best aja dulu, yakin usaha tidak akan mengkhianati hasilnya. Itu yang biasa jadi motivasi saya. Kerja keras dulu, karena hasilnya akan sesuai kok dengan kerja keras kamu :)

3. Berdoa. Ini gak kalah penting. Saya bener-bener percaya kekuatan doa ketika saya meraih juara 1 olimpiade tingkat kabupaten. Saat itu saya selalu berdoa di setiap kesempatan. Jadi jangan pernah putus ya doanya. Karena percuma kalau kamu kerja keras tapi gak berdoa, sama aja bohong. Karena yang memiliki kehendak hanyalah Allah SWT :)

4. Minta restu orang tua. Ini juga penting. Karena restu orang tua juga berpengaruh dalam kesuksesan. Sebelum lomba, minta dulu doa dari orang tua dan cium tangannya.

Kayaknya itu aja deh tipsnya. Walaupun begitu, itu semua tergantung dari kamunya saja ya. Oh ya, saya pernah baca quotes ini di sosmed "There is no secret ingredients, it is just you". Kalo gak salah sih begitu isinya, kayaknya itu kutipan film Kungfu Panda deh. Mudah-mudahan memotivasi ya. Bener tuh, gak ada resep rahasia, semuanya tergantung dari kamu, dari niatnya.

Sekian dari saya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat memotivasi. Oh ya, kalian bisa juga berbagi pengalaman kok sama saya. Silahkan comment aja, I'd love to read your comment guys :)

Salam A6,
Resky Putri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Peserta Didik Baru Online SMP Negeri 2 Sentani 2016/2017

Cerpen: Highschool Story

Peristiwa Perjuangan serta Uraian Singkatnya