Matematika: Sulit atau Mudah?

Senin, 8 Februari 2016
18:44

Mendengar pelajaran yang bernama Matematika apa yang langsung ada di pikiran kamu?

Pelajaran yang sulit? Bikin pusing? Bikin otak keriting? Menyeramkan?

Hei hei hei. Mending sekarang buang jauh-jauh deh mindset kamu tentang matematika yang menyeramkan itu. Jangan kamu berpikiran, 'Ah, orang yang jago matematika pasti ngomongnya begitu'.

ITU SALAH BESAR!

Saya kasih tau nih ya, dulu waktu SD saya itu takut sekali dengan pelajaran matematika. Sampai-sampai dulu saya pernah bilang begini 'Kenapa sih di dunia ini harus ada pelajaran matematika?'

Pokoknya dulu itu setiap ada sesi tanya jawab soal sama guru matematika SD, saya langsung gimana gituu... takut pokoknya.

Tapi coba cari tahu dulu deh apa yang menyebabkan kamu takut atau males banget sama matematika?

Setelah saya cari tahu alasan kenapa saya selalu males sama pelajaran matematika, saya langsung mencari jalan keluar untuk menuntaskan masalah tersebut.

Masalah yang biasa dialami oleh orang-orang menurut pandangan saya adalah:

1. Jarang latihan soal ataupun mengerjakan soal.

2. Baru ingin belajar sudah menyerah duluan. Misalnya nih kamu baru buka buku terus liat angka-angka langsung nyerah. Nah, itu dia masalahnya. Bagaimana kamu mau jago matematika kalo liat angkanya saja sudah males.

3. Bersikap acuh ketika guru matematika menjelaskan di depan. Nah, biasanya sih kalo orang yang nggak suka matematika pasti nggak suka juga kan dengan gurunya? Mending buang sifat itu deh. Coba kamu perhatikan dengan baik guru matematika yang lagi ngajar, kamu pasti bisa. Yang penting usaha dulu.

Itu dia hal-hal yang menurut saya membuat sebagian orang males dengan matematika. Saya mengatakan seperti itu karena pengalaman loh ya, hihi.

Oh ya, saya ingin memberikan tips untuk kamu-kamu supaya jadi suka sama matematika dan ingin jago matematika.

1. Tanamkan dalam diri kamu kepercayaan diri. Ini adalah langkah awal untuk memulai semuanya. Bagaimana caranya kamu bisa jago kalo udah pesimis duluan? Ayo, KAMU PASTI BISA!

2. Perhatikan dan hargai guru yang lagi ngajar. Kalo kamu perhatikan dengan baik guru-guru yang lagi ngajar, kamu pasti bisa cepet paham sama ilmu yang diberikan. Saya punya prinsip "Kita harus hormat kepada guru karena itu adalah salah satu kunci sukses".

3. Belajar latihan soal. Yaaa, kamu harus sering-sering latihan soal. Karena saya yakin kalau kamu sudah terbiasa dengan soal-soal tersebut, dijamin nilai ujian kamu pasti bagus semua. Inget ya, tidak ada jalan pintas untuk pintar. So, mulailah belajar sedikit-sedikit. Nggak apa-apa kok sehari belajar mengenai satu soal. Misalnya kamu belum ngerti sama sekali materi lingkaran, kamu bisa hafalin rumusnya satu-satu atau enggak mencoba mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi lingkaran.

4. Referensi agar tidak bosan. Saya tau kok pasti kamu akan berpikir 'Kalau belajar sama buku terus bosan'. Oke, saya tau itu. Belajar itu bukan hanya dari buku saja loh ya. Banyak sumber lain yang bisa kamu manfaatkan untuk memperdalam ilmu. Sekarang zaman kan sudah canggih, kamu bisa tuh berselancar di internet untuk belajar matematika.

Dan lagi, kalian pasti sudah akrab kan dengan instagram, twitter, snapchat, line, tumblr, skype, dan masih banyak lagi media sosial lainnya kan? Nah, coba deh sekali-kali kamu download aplikasi rumus atau apapun yang berhubungan dengan matematika. Ide bagus kan? Jadi kalo kalian suntuk dengan buku, kalian bisa tuh belajar lewat handphone sekaligus buka sosmed, hehe. Iya, nggak apa-apa kok saya dan kamu juga manusia biasa, hehe.

Btw, ide download aplikasi rumus ini dari pak guru matematika saya. Jadi ceritanya waktu itu lagi les. Terus kami membahas soal terus lupa rumus gitu... akhirnya pak guru memberi solusi untuk mendownload aplikasi tersebut di playstore. Dan saya setuju karena membantu sekali. Coaba bayangin kalian harus buka buku dulu untuk nyari rumus? Ribet kan. Jadinya kalo buka rumus di handphone lebih simple gitu.

5. Berusaha terus, jangan menyerah. Saya tau kok terkadang kamu ingin menyerah saja. Saya juga pernah berada di posisi kamu. Tapi jangan mudah menyerah! Teruslah berusaha, karena akan selalu ada jalan bagi orang yang ingin berusaha. Ingat itu!! Selain itu terus berdoa oke. Kita enggak akan pernah bisa tanpa bantuan dari pemilik hidup ini.

Oke, itulah tips dan bahasan dari saya. Intinya adalah belajar, berdoa, dan jangan menyerah. Semoga bermanfaat untuk kalian!

Kritik dan sarannya juga boleh ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Peserta Didik Baru Online SMP Negeri 2 Sentani 2016/2017

Cerpen: Highschool Story

Peristiwa Perjuangan serta Uraian Singkatnya