Tugas dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester 2 Halaman 10

  1.       Tontonlah salah satu seni pertunjukan tradisional Indonesia. Kamu dapat menonton pertunjukan tersebut secara langsung atau melalui media elektronik!
  2.       Carilah informasi berkaitan dengan seni tradisional tersebut!
  3.       Temukan kelebihan dan kekurangan seni tradisional tersebut!
  4.       Tuliskan informasi yang kamu dapat dalam bentuk teks ulasan!
  5.       Kumpulkan hasil kerjamu kepada guru agar dinilai!
  6.       Kumpulkan hasil kerjamu dalam bentuk kipling Bersama teman-temanmu! Jika kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring, mintalah tiap-tiap anggota mengumpulkan tanggapannya terhadap seni pertunjukan yang kalian tonton. Kemudian, salah satu anggota kelompok menyusun teks ulasan secara padu. 

Jawaban:
TEKS ULASAN

ORIENTASI

Judul Video: Pertunjukan Seni Virtual #UntukSatuIndonesiaku

Youtube Channel: Realfood Indonesia

Link Youtube: https://youtu.be/k4tvQhqwI0E

Durasi Video: 4 menit dan 46 detik

Diunggah pada: 15 Agustus 2020

 

ISI RESENSI/ULASAN:

      Sebuah pertunjukan seni virtual yang dibuat dalam rangka menyambut hari kemerdekan negara Republik Indonesia yang ke-75. Tema yang diusung dalam pertunjukan seni ini adalah “Untuk Satu Indonesiaku”. Pertunjukan ini menampilkan kolaborasi antara musikalisasi puisi Adinia Wirasti dengan diiringi pementasan seni tradisional dan modern. Terdapat pertunjukan Atlet Pencak Silat, Model Jember Carnaval, Penari Legong, Pedalang Wayang, Atlet Senam, Penari Bedoyo, Penabuh Dhol, Perkusi Barang Bekas, Grup Orkestra, Penabuh Gamelan, dan Penari Piring. Pagelaran yang menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia karena kita beragam bukan seragam. Keberagaman malah memperkaya kita sebagai bangsa karena kita Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan yang ada dari masing-masing kita ada untuk saling menguatkan.

 

PENILAIAN

      Pertunjukan seni ini mengkolaborasikan antara budaya tradisional dan modern yang dapat menarik perhatian banyak orang khususnya anak muda karena mengusung konsep yang berbeda dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selain itu, pembacaan puisi dari Adinia Wirasti yang lugas dan memancarkan karakter yang kuat membuat pesan dari isi puisi itu dapat tersampaikan kepada penonton. Puisi tersebut berisi tentang mimpi, merdeka, dan keragaman. Selain itu, perpaduan penampilan budaya tradisional dan modern yang memukau dapat dirangkum dalam durasi video yang cukup singkat.

KESIMPULAN

      Persembahan seni virtual dari Realfood Indonesia dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia adalah sesuatu yang patut diacungi jempol karena dapat memperlihatkan keragaman yang ada di Indonesia dan dapat memadukan budaya tradisional dan modern dalam satu panggung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Peserta Didik Baru Online SMP Negeri 2 Sentani 2016/2017

Cerpen: Highschool Story

Peristiwa Perjuangan serta Uraian Singkatnya